Berita Terkini

BIDKOM Adakan Studi Banding Ke RRI Malang
21-04-2017 10:35

     

Kabid Komunikasi dan Kasie Komunikasi Publik berkoordinasi di ruang server RRI

 

       Kamis, 13 April 2017 Bidang Komunikasi Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Malang adakan Studi Banding ke RRI. Dalam studi banding ini kami memilih untuk mengunjungi RRI Malang karena kami ingin mengetahui bagaimana pola pembinaan RRI khususnya dalam penyiaran yang berkaitan dengan program pemerintahan.
       Tepatnya pukul 10.00 WIB Kepala Bidang Komunikasi Pak Biyanto, Kepala Seksi Komunikasi Publik Pak Nanang beserta staff Kemitraan Komunikasi Pak Zainudin disambut hangat oleh Recepsionist RRI Malang. Kemudian kami di arahkan ke Kaur SDM untuk bertemu dengan Bpk Hartono selaku Kasie Teknologi Dan Media Baru. Kami ditunjukkan ruang server RRI selain itu Pak Hartono juga menjelaskan Tugas LPP RRI dalam melayani seluruh lapisan masyarakat. Beberapa pertanyaan diajukan, mulai mengenai seberapa besar porsi untuk penyiaran program pemerintah, program-program apa saja yang ada di RRI Malang, hingga permasalahan apa saja yang dihadapi dalam pengelolaan radio.
RRI Malang sendiri memiliki tiga progama yakni Pro 1 dengan channel 91,5 FM, Pro 2 dengan channel 87,9 FM dan Pro 1 Budaya dengan channel 105,3 FM . Setiap programa memiliki program yang berbeda-beda.
       Setelah dari ruang server kami bertemu dengan Kasie Siaran Pak Edi Susanto,dimana Pak Edi juga menjelaskan tentang tata kelola program RRI mulai dari perencanaan, Pola Siaran Block s/d Daftar Acara Siaran.
       Dari hasil studi banding kami di RRI bisa disimpulkan bahwa RRI dan Radio Kanjuruhan tujuannya sama sama Memberikan pelayanan informasi terpercaya yang dapat menjadi acuan dan sarana kontrol sosial masyarakat dengan memperhatikan kode etik jurnalistik/kode etik penyiaran, selain itu Menyelenggarakan siaran yang bertujuan menggali, melestarikan dan mengembangkan budaya bangsa, memberikan hiburan yang sehat bagi keluarga, membentuk budi pekerti dan jati diri bangsa di tengah arus globalisasi.
(Bidang Komunikasi)